Pemetaan dan Analisis Kerugian Hak dan/atau Kewenangan Konstitusional dalam Pengujian Undang-Undang Di Mahkamah Konstitusi dari Tahun 2013-2017

PublikasiNovember 26, 2018

Penelitian ini secara sistematis menelaah penafsiran dan memotret klasifikasi kerugian konstitusional dan kepentingan hukum dalam putusan-putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI) dalam pengujian undang-undang  sepanjang tahun 2013-2017. Penelitian ini secara tidak langsung memberikan pedoman kepada masyarakat dan praktisi hukum di Indonesia dalam mengajukan permohonan pengujian undang-undang ke MKRI.

Penelitian ini juga merupakan panggilan bagi akademisi hukum dan pihak-pihak lainnya untuk memberi perhatian terhadap topik kerugian konstitusional dan kepentingan hukum yang kerap dianggap sebagai topik yang sudah “selesai”. Padahal dengan mengetahui apa itu kerugian konstitusional dan kepentingan hukum lah, perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Pada sisi lain, penelitian ini juga dapat dibaca sebagai catatan kritis bagi MKRI yang terkadang tidak ajeg dalam menafsirkan kerugian konstitusional dan kepentingan hukum dalam melindungi hak-hak konstitusional warga negara. Ketidakajegan yang membuat perlindungan terhadap hal konstitusional seakan menjauh dari tujuan mulia konstitusi.

Hasil Penelitian


Leave A Comment

Style Settings