Menu Close

Memahami Asset Recovery & Gatekeeper

Buku ini akan mencoba membahas mengenai permasalahan korupsi, pencucian uang, dan asset recovery (upaya pengembalian aset). Pemahaman serta ruang lingkup pengembalian aset di sini ialah pengembalian aset perolehan hasil korupsi secara khusus. Meskipun demikian juga dapat diterapkan terhadap perolehan hasil kejahatan lainnya.

Selain itu, buku ini juga akan mengupas mengenai peran profesional atau yang dikenal serta dijelaskan oleh FATF sebagai gatekeeper dalam struktur pencucian uang; peran apa yang dimainkan para profesional tersebut dalam membuat pengembalian aset begitu sulit dilakukan? Dan apa saja hambatan praktis yang dihadapi untuk menembus hubungan antara gatekeeper dan pencucian uang?

Di Indonesia sendiri pun, sosialisasi peran gatekeeper terhadap aparat penegak hukum dirasa belum maksimal. Padahal, seperti dijelaskan oleh FATF, gatekeeper telah menjadi salah satu pemain kunci dalam pencucian uang. Upaya pengembalian aset yang dicuri menghadapi kendala signifikan dengan adanya peran gatekeeper.

Memahami fungsi dan pola perilaku gatekeeper dalam proses penyembunyian aset merupakan prasyarat penting untuk mengatasi beberapa hambatan yang paling sulit dalam mengembalikan perolehan hasil korupsi. Ke depan, buku ini diharapkan dapat menjadi acuan serta rekomendasi dalam melakukan mekanisme pengembalian aset di Indonesia.

Judul: Memahami Asset Recovery & Gatekeeper

Penulis : Paku Utama

Editor : Erwin Natosmal Oemar

Penerbit : Indonesian Legal Roundtable

Tahun : 2013

2 thoughts on “Memahami Asset Recovery & Gatekeeper

  1. Putra Zenno

    Mohon info saya membutuhkan buku memahami asset recovery dan gatekeeper ini, masih ada stocknya? Soalnya nyari di Bandung ga dapet.. Tks

    • admin

      Kemungkinan baru masuk Gramedia 2 minggu kedepan. Kalau mau silahkan pesan langsung ke kita. Untuk info selanjutnya silahkan menghubungi Erwin Natosmal HP. 081392147200.

      Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares